Disarankan menggunakan browser Google Chrome untuk mendapatkan tampilan terbaik website ini.

Jika halaman web muncul tidak sempurna, ketikkan kembali www.ppdbsurabaya.net pada browser Anda.

halaman utama

Informasi TPA

(Tes Potensi Akademik)

Pertanyaan & Jawaban Tentang Tes Potensi Akademik
untuk PPDB Jalur Sekolah Kawasan


Apakah yang dimaksud dengan Tes Potensi Akademik (TPA)?

Tes Potensi Akademik (TPA) yang dipergunakan untuk seleksi SMP masuk Sekolah Kawasan merupakan tes kemampuan berfikir, meliputi kemampuan pemahaman dan penalaran yang penting untuk kesuksesan dalam pendidikan formal di sekolah.


Apa perbedaan TPA dan Ujian Nasional (UN)?

Ujian Nasional (UN) ditujukan untuk mengukur tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran yang materinya telah diajarkan di sekolah.
Tingkat prestasi belajar ditentukan oleh sejauh mana penguasaan materi pelajaran oleh siswa. Tentu saja penguasaan materi pelajaran akan lebih baik bila siswa belajar (sendiri atau dengan bimbingan) materi pelajarannya.

Sedangkan TPA ditujukan untuk mengukur tingkat kemampuan pemahaman dan penalaran yang dimiliki siswa saat ini.
Tingkat kemampuan memahami dan bernalar siswa ditentukan oleh perkembangan berfikirnya di sepanjang kehidupannya (mulai sejak kelahiran sampai saat ini) yang ditentukan oleh kapasitas berfikir dan pengalamannya di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Kemampuan berfikir (kemampuan pemahaman dan bernalar) ini dapat mulai diukur sejak usia sekolah.


Mengapa TPA penting untuk diukur dalam proses seleksi ini?

Seleksi dengan TPA merupakan proses untuk penyaringan siswa dengan tujuan memilih siswa yang diprediksikan (diramalkan) akan (1) lebih berhasil dalam prestasi belajarnya di jenjang yang lebih tinggi, dan (2) lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stress dengan tuntutan belajar di sekolah kawasan.

Siswa yang memiliki kemampuan berfikir yang tinggi akan memiliki proses dan strategi berfikir yang efektif dan efisien yang membuatnya lebih mudah mempelajari mata pelajaran di sekolah dan menyelesaikan persoalan, sehingga dia tidak mudah untuk mengalami kecemasan dalam belajar dan akan memiliki prestasi belajar yang lebih baik. Jadi TPA berfungsi melengkapi (komplementer) nilai UN.

Lebih dari itu, pengukuran TPA juga akan memberikan profil kemampuan berfikir siswa (berfikir dengan bahasa, angka, atau gambar) yang dapat dipergunakan oleh guru dan sekolah untuk mengembangkan proses pembelajaran di sekolah tersebut atau membantu siswa secara individual. Dengan begitu, proses pembelajaran di sekolah akan lebih efektif dan siswa dapat belajar serta meningkatkan kemampuan berfikirnya secara optimal.

Contoh, seorang siswa yang mempunyai profil kemampuan berfikir yang menunjukkan kekuatan kemampuan berfikir dengan gambar dibandingkan dengan kemampuan dalam berfikir bahasa dan angka, maka anak sebaiknya diminta untuk membuat sketsa-sketsa gambar untuk memahami pelajaran yang bermuatan bahasa yang tinggi.


Bagaimana struktur tes TPA?

Tes TPA yang dipergunakan untuk seleksi SMP di Sekolah Kawasan akan mengukur 3 (tiga) bagian kemampuan berfikir, yaitu: (1) Verbal; ( 2) Numerikal; dan ( 3) Figural. Berikut ini diberikan penjelasan tentang masing-masing bagian.

  • Kemampuan Verbal:
    Kemampuan berfikir verbal adalah kemampuan pemahaman dan bernalar dengan menggunakan bahasa (verbal). Kemampuan ini akan diukur dengan memberikan tes yang meminta siswa untuk menyelesaikan soal tentang: (a) Pemahaman Bacaan; (b) Analogi Verbal; (c) Melengkapi Kalimat; (d) Klasifikasi Verbal.
  • Kemampuan Numerikal:
    Kemampuan berfikir numerikal adalah kemampuan pemahaman dan bernalar dengan menggunakan angka (numerikal). Kemampuan ini akan diukur dengan memberikan tes yang meminta siswa untuk menyelesaikan soal tentang: (a) Analogi Bilangan; (b) Teka-teki Bilangan; (c) Deret Bilangan.
  • Kemampuan Figural:
    Kemampuan berfikir figural adalah kemampuan pemahaman dan bernalar dengan menggunakan gambar (figural). Kemampuan ini akan diukur dengan memberikan tes yang meminta siswa untuk menyelesaikan soal tentang: (a) Klasifikasi Gambar; (b) Analisis Gambar; dan (c) Matriks Gambar.

Sebagai orang tua apa yang harus saya persiapkan agar anak saya dapat mengerjakan TPA sebaik-baiknya?

Tidak ada yang secara khusus harus dipersiapkan oleh orang tua. Menunjukkan dan berusaha untuk mengerjakan contoh-contoh soal (yang dapat diperoleh dari buku maupun internet) bersama dengan anak dapat dilakukan, agar anak merasa tenang karena telah mengenal bentuk-bentuk soal TPA(catatan: pada saat tes, anak akan diberi petunjuk sejelas-jelasnya cara mengerjakan soal). Hal lain yang lebih penting adalah menjaga agar anak merasa tenang (tidak malah membuat anak cemas apalagi panik) dalam menghadapi tes TPA. Pemberian latihan yang intensif untuk mengerjakan soal TPA tidak akan memberikan peningkatan skor yang bermakna.


Sebagai anak apa yang harus saya persiapkan agar anak saya dapat mengerjakan TPA sebaik-baiknya?

Berusaha mengenal bentuk soal dan mengerjakan contoh-contoh soal dapat dilakukan agar meningkatkan perasaan tenang menghadapi tes TPA (catatan: pada saat tes, anak akan diberi petunjuk sejelas-jelasnya cara mengerjakan soal). Istirahat dan tidur yang cukup lebih baik dilakukan ketika esok hari akan mengerjakan tes TPA.
Selain itu, sebagai persiapan disarankan untuk menyiapkan alat tulis yang dibutuhkan dan melihat lokasi sehari sebelum ujian agar siswa telah mengetahui lokasi dan ruang ujiannya.


Apa yang harus dibawa pada saat tes TPA?

Yang harus dibawa saat tes TPA adalah :

  • Kartu Tes Potensi Akademik yang berisi nomor peserta
  • Kartu UN
  • Peralatan tulis (pensil 2B, rautan, dan penghapus) dan alas

Bolehkah membawa alat bantu hitung seperti kalkulator?

Tidak diperlukan dan tidak boleh membawa alat bantu hitung seperti kalkulator.


Apa yang harus diperhatikan pada saat tes TPA agar dapat mengerjakan tes sebaik-baiknya?

Perhatikan betul setiap instruksi yang disampaikan tester (orang yang bertugas memberikan petunjuk cara mengerjakan tes) agar dapat mengerjakan soal dengan cepat dan cermat. Jika belum paham cara mengerjakannya, jangan ragu untuk bertanya. Kerjakan dengan tenang, sungguh-sungguh dan secepat-cepatnya karena setiap tes mempunyai waktu yang terbatas.


Contoh-contoh Soal Tes Potensi Akademik (TPA)



  • Verbal
    • Analogi Verbal : Pada tes ini terdapat tiga (3) kata. Antara kata pertama dan kedua terdapat suatu hubungan tertentu. Antara kata ketiga dan salah satu di antara empat kata pilihan harus pula terdapat hubungan yang sama seperti kata pertama dan kedua. Carilah kata keempat tersebut. Berikan jawaban anda dengan menghitamkan salah satu huruf dari pilihan yang tersedia.
      Contoh :Murid:Guru = Pasien:...
      Pilihan Jawaban :(A)Resep   (B) Dokter   (C) Obat   (D)Stetosko   (E) Laboratorium
      Jawaban: B

    • Melengkapi kalimat : Pada tes ini terdapat sebuah kalimat yang tidak lengkap, karena terdapat satu kata yang dihilangkan. Tugas anda adalah memilih 1 (satu) kata di antara pilihan jawaban yang paling sesuai untuk melengkapi kalimat tersebut. Berikan jawaban anda dengan menghitamkan salah satu huruf dari pilihan yang tersedia.
      Contoh :Gigi Alika ... kemarin sore.

      Pilihan Jawaban : (A) Bersinar (B) Sehat (C) Lepas (D) Tanggal 
(E) Rusak

      Jawaban: D
    • Klasifikasi verbal Pada tes berikut ini terdapat 3 (tiga) kata yang memiliki kesamaan satu dengan yang lain. ­Tugas anda adalah memilih 1 (satu) kata di antara pilihan jawaban A, B, C, D atau E, manakah yang memiliki kesamaan dengan ketiga kata sebelumnya. Berikan jawaban anda dengan menghitamkan salah satu huruf dari pilihan yang tersedia.
      Contoh :Baca, Tulis, Hitung, ...
      Pilihan Jawaban :(A) Ujian (B) Sekolah (C) Gambar (D)Ajaran (E) Bermain
      Jawaban: C
    • Pemahaman bacaan : Pada tes berikut ini akan disajikan bacaan yang harus dipahami. Pada bagian bawah dari masing-masing bacaan akan terdapat sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan tersebut. Tugas anda adalah memilih jawaban yang paling tepat di antara pilihan jawaban yang ada. Berikan jawaban anda dengan menghitamkan salah satu huruf dari pilihan yang tersedia.
      Contoh :
      Pak Dewo memiliki sebidang tanah yang luas. Tanah tersebut berada ditepi sungai dan difungsikan untuk bertanam umbi-umbian, buah dan sayur. Pak Dewo bersama dua orang anaknya Danang dan Eko memiliki tugas, yang memiliki tugas masing-masing untuk merawat tanaman. Tanaman umbi-umbian menjadi tanggung jawab Danang sedangkan tanaman buah menjadi tanggung jawab Eko. Selain bertanam umbi-umbian dan buah, sebagian tanahnya juga ditanami sayur. Pak Dewo selain mengawasi secara keseluruhan tanaman yang ada di kebunnya, secara khusus ia bertangung jawab untuk merawat terhadap jenis tanaman sayuran. Tanaman umbi-umbian dipanen setiap empat bulan, sedangkan tanaman buah dipanen setiap enam bulan. Adapun sayur-sayuran dipanen setiap tiga bulan. Hasil penjualan panenan umbi-umbian dua kali lipat hasil penjualan penenan sayur. Akan tetapi hasil penjualan panenan buah dua kali lipat hasil penjualan panenan umbi-umbian. Pak Dewo menikmati kehidupan bersama anak-anaknya, karena hasil panenan dapat mencukupi kebutuhan hidup keluarganya.
      Jika Pak Dewo menanam sayur di bulan Februari, pada bulan apa Pak Dewo akan panen?

      Pilihan Jawaban : (A) April (B)Juni (C) Juli (D) Maret (E) Mei
      Jawaban: E

  • Numerikal
    • Analogi bilangan : Pada tes ini terdapat beberapa pasang bilangan. Antara bilangan-bilangan dalam pasangan tersebut memiliki hubungan tertentu. Tugas anda adalah mencari pola hubungan di antara pasangan bilangan tersebut, kemudian gunakan pola yang sama untuk melengkapi pasangan bilangan yang tidak lengkap.
      Contoh : (2 → 3) (9 → 10) (6 → ...)

      Pilihan Jawaban :(A) 3 (B) 4 (C) 5 (D) 6 (E) 7
      Jawaban: E
    • Deret bilangan : Pada tes berikut ini terdapat deret bilangan. Setiap deret bilangan tersusun menurut suatu aturan tertentu dan di belakangnya ada tempat kosong yang harus diisi sesuai dengan aturan tersebut. Tugas anda adalah menemukan aturan deret bilangan tersebut, kemudian mencari diantara pilihan A, B, C, D dan E, manakah bilangan yang sesuai untuk melengkapi deret yang ada. Berikan jawaban anda dengan menghitamkan salah satu huruf dari pilihan yang tersedia.
      Contoh :2, 8, 4, 16, 8, 32, 16,...,...
      Pilihan Jawaban :(A) 24, 12 (B) 24, 18 (C) 24, 18 
(D) 64,24 (E) 64, 32
      Jawaban: E (dikali 4 dibagi 2)
    • Teka teki bilangan : Pada tes ini terdapat suatu operasi bilangan yang tidak lengkap. Tugas anda adalah memahami operasi bilangan tersebut kemudian melengkapi titik-titik yang ada dengan bilangan yang tepat. Berikan jawaban anda dengan menghitamkan salah satu huruf dari pilihan yang tersedia.
      Contoh :...– 4=2

      Pilihan Jawaban :(A) 1 (B) 4 (C) 6 (D) 7 (E) 8
      Jawaban: C
  • Figural
    • Klasifikasi gambar : Pada tes ini terdapat 3 (tiga) gambar yang memiliki kesamaan dalam hal tertentu. Tugas anda adalah mencari di antara pilihan jawaban yang ada, yakni A, B, C, D dan E manakah gambar yang paling memiliki kemiripan dengan ketiga gambar sebelumnya. Berikan jawaban anda dengan menghitamkan salah satu huruf dari pilihan yang tersedia.
      Contoh :
      Jawaban: E. Segiempat
    • Analisa gambar : Pada tes berikut, setiap soal memperlihatkan suatu potongan kertas bujur sangkar yang dilipat-lipat, kemudian dilubangi dengan pelubang kertas pada bagian tertentu. Tugas anda adalah menentukan di antara pilihan jawaban yang ada, yakni A, B, C, D dan E, manakah bentuk kertas tersebut setelah dibuka kembali dari lipatannya. Berikan jawaban anda dengan menghitamkan salah satu huruf dari pilihan yang tersedia.
      Contoh :
      Jawaban: D
    • Matriks gambar : Pada tes ini terdapat serangkaian gambar yang terbagi dalam dua bagian, yaitu atas dan bawah. Masing- masing rangkaian gambar memiliki hubungan dalam hal tertentu. Rangkaian gambar pada bagian atas, memiliki pola hubungan yang sama dengan rangkaian gambar pada bagian bawah. Tugas anda adalah mencari diantara pilihan jawaban yang ada, yakni A, B, C, D dan E manakah gambar yang sesuai untuk melengkapi rangkaian gambar pada bagian bawah. Berikan jawaban anda dengan menghitamkan salah satu huruf dari pilihan yang tersedia.
      Contoh :
      Jawaban: B, polanya bentuk yang didalam menjadi bentuk yang diluar